Selasa, 19 Maret 2024

Catatan Ramadhan 1445 H pekan 1

 Ramadhan 1445 H sudah berjalan 7 hari. Ramadhan kali ini, perdana Aga belajar puasa. Aga masih menjalani puasa setengah hari. Saat masuk waktu zuhur, Aga berbuka puasa, minum dan makan siang. Ada waktu berbuka 30 menit di waktu zuhur. setelahnya Aga lanjut puasa hingga waktu magrib tiba. Tak ada rengekan yang berarti saat menjalankan puasa, mengingat Aga termasuk anak yang susah makan. Rengekan terjadi di hari pertama puasa bukan karena minta buka puasa tapi minta nata de coco, itu pasti karena nafsu yang membesar karena efek lapar dan hausnya.

Menjalani puasa, waktu makan Aga jadi lebih teratur. dia rajin bangun sahur, walaupun mengeluh tidak nafsu tetapi dia selalu menghabiskan menu sahurnya. Saya juga selalu menyelipkan segelas susu disetiap waktu makannya, saat sahur, berbuka ditengah hari dan sebelum tidur. semoga upaya ini dapat menambah berat badannya. 

Sementara Wulan jadi seperti ikut puasa, hanya saja sahurnya diwaktu sarapan pagi. Biasanya menu sarapannya sama seperti menu sahur kami. Setelah Sarapan, waktu makan selanjutnya adalah waktu zuhur bareng Aga buka puasa, lalu makan lagi saat berbuka puasa, disela waktu tersebut, wulan akan makan camilan, atau minum susu.

Menjelang puasa, kami sekeluarga sakit. Aga dan Wulan demam batuk dan pilek. hingga seminggu berselang kami semua masih batuk. Saat sakit dan puasa, berat badan Aga dan Wulan sepertinya tidak naik. terlihat dari badannya yang kurus, karena penambahan tinggi badannya tidak dibarengi dengan penambahan berat badan. Demikian juga saya, nafsu dan kuantitas makan saya berkurang. Buat saya makan sedikit saja sudah terasa mengenyangkan. Berat badan saat ini kembali ke angka 45 kg setelah sempat menyentuh angka 50 kg.

Lintang sudah terbiasa menjalani puasa, tak lagi ada rengekan karena lapar atau haus. Solat dan tarawih juga sudah bersama teman-temannya. biasanya saya nitip sajadah, karena Lintang dan teman-temannya berangkat lebih dulu. Agak susah mengatur waktu untuk mengajak tarawih Aga dan Wulan. Karena waktu tarawih adalah waktu tidur mereka. Ramadhan ini Aga baru sekali tarawih di mushola, sementara Wulan 2 kali. Itupun jadi pindah tidur di mushola. Lintang sampai saat ini masih rajin berangkat. Saya ingin memaparkan Aga dan wulan dengan keseruan tarawih di masjid\mushola.